Monday 27 May 2024

Manfaat Jeruk Purut bagi medis

 


Jeruk purut atau tanaman dengan nama latin Citrus hystrix .

Berikut adalah beberapa zat yang terkandung dalam buahnya: Vitamin C, Folat, Minyak atsiri sitronelal, Serat, Mineral seperti potasium, kalsium, zat besi, zinc, dan magnesium, Senyawa aromatik seperti limonen dan sineol, Vitamin A, Antioksidan seperti karoten dan xanthin dan Vitamin B kompleks seperti thiamin, niacin, pyridoxine, dan riboflavin.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiatnya:

1. Memperlancar pencernaan

Jenis jeruk ini kaya akan serat dan asam sitrat. Kedua komponen ini sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Serat bisa menstimulasi kerja sistem pencernaan sehingga bisa mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan.

2. Mendetoksifikasi darah

Tanaman ini juga bisa membantu hati dan limfa untuk menyaring zat-zat berbahaya yang bisa merusak kesehatan.

3. Jeruk purut mampu mengurangi inflamasi

Jeruk purut mengandung senyawa-senyawa antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.Karena sifatnya antiinflamasi, buah ini juga bisa mengurangi risiko infeksi.

4. Jeruk purut dapat mendorong sistem imun

Vitamin C di dalam jeruk purut menjadi salah satu antioksidan yang paling penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

5. Mengurangi stres

Aroma jeruk purut yang khas telah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional Cina dan Ayurveda asal India untuk menenangkan otak dan mengurangi stres. Seseorang yang mencium aromanya bisa merasakan efek menyegarkan yang meningkatkan mood. Buah ini juga bisa menjadi aromaterapi yang dapat membantu mengurangi kecemasan serta meningkatkan konsentrasi dan fokus.


Sumber : Halodoc

0 komentar:

Post a Comment