Saturday 4 February 2017

Video Call bagi Sang LDR

Malam ini malam minggu.. Waktu dilaptop sudah menunjukkan pukul 11;08 pm, 2/4/2017. sudah mendekati tengah malam.

Jika ditanya ngantuk? sedikit. lalu kenapa masih membuka mata? Ku jawab, ga tau... masih kenyang.. Iya lha wong hbs makan diburjo..

Rasa suntuk memang menghantui, apalagi bagi mahasiswa semester tua seperti ku. Mahasiswa yang hidup di Kos dan jauh dari kekasih. Bahasa keren anak muda jaman sekarang itu LDR.

Kalau yang pernah nonton Kambing Jantan karya Raditya Dika, pasti pernah menemui hal lucu dengan istilah 'LDR". Saat itu si Dika malah mengira bahwa LDR itu Long Dick Reduction or Pemotongan si Otong.. wkwkwkwk ketawa dulu, biar ga jenuh.

Nah LDR yg kualami adalah Long Distance Relationship alias hubungan jarak jauh. tapi tak mengapa, jaman sudah canggih. Kangen tinggal nelp... denger suaranya... Jika rindu sudah menyayat dan ingin melihat mukanya, maka bisa menggunakan video call.

VidCall. (sumber)

zaman sudah canggih bro, ga usah pakai merpati lagi kan buat kirim surat... Berapa hari baru nyampe bro?
Merpati. (sumber)
Tapi, kita mesti bersyukur, dulu kalau tidak ada tu merpati, hayo kyapa coba. Anggap saja itu leluhurnya app messenger skrg..

Biasanya ane waktu vidcall dengan my wifey pakai LINE, WhatsApp and IMO. duh aku kan mau curhat, tapi kenapa malah ngomongin vidcall sich.? Aneh ,,, rencana mau buat gelisahku akhir pekan part II, eh tapi ya sudah, sekalian aja bikin tulisan review ttg tuh aplikasi vidcall.

Nah diera modern smartphone Android, IOS, ada beragam aplikasi untuk ponsel pintar kita utk vidcall (video call), ini aku ga tau windows phone gimana, bukan pengguna (ntar kasih komentar yo dibawah.

Eh ini ane ga pakai skypee ya. Kalau ada yang mau pakai, monggo.. nanti kasih tulisan di komentar.. denger2 FB mau buat VidCall juga... hehehe

1. LINE

Siapa disini yang belum tau LINE ? bagi pengguna smartphone, tentu tahu dong apa itu LINE. Wes ga usah ngomong panjang lebar plus teori dr LINE.

Logo LINE. (sumber)
Nah si LINE ini terkenal dengan boneka brownie n coni/ atau coli gtu. pokoknya warna coklat n putih.. bntar tak carikan fotonya...
nah ini. (sumber)
Pokoknya kalau tulisanya ngalor ngidul yo wes.

Nah dalam chat LINE, dibelaki dengan fitur voice call & video call. Kualitas suara n gambar serta video LINE ane kasih jempol dua bro. Pokoknya, awal-awal dulu ane pakai LINE khusus utk vidcall dengan my wifey. Kualitas HD ane rasa. eh tp ini bergantung dg kamera juga. Ane saranin, minimal kamera depan alias secondary camera pakai yang udah 2 MP ya. Kalau kurang,, hummmmm ane ga tanggung jawab.

cara penggunaanya pun relatif mudah. tinggal buka kontak, kemudian tekan/pencet/sentuh ikon gambar telp atau menu atas dalam percakapan, pilih video call.. Pokoknya, cari aja bro..

Nih gambarnya kalau sudah nyambung.
LINE VidCall. (sumber)
Namun, pengalaman ane memakai aplikasi ini, butuh signal yang bagus. gerak sedikit bisa video pause, alias ga gerak. Kadang juga, kita ngomong "Sayang...." 5 detik baru dia balas, "Iya sayang"
Ya paling gak, signal 3G, H+ or 4G. Kalau jaringan masih Edge, duh kasihan ini. Ga bisa work.

Selain itu, kuota data LINE juga lumayan boros. Ibarat kata, motor boros, tentu akan berimbas pada bensin alias paket data. Hal tsb berimbas pada kantong bro... makane ojo LDR, gek ndang dirabi... heheheh

Nah beda kasus kalau pakai WiFi. Kalau koneksi stabil dan aman, semua lancar bro,,, Ga usah ada masalah.

Ini ane sharing, jadi ane masih mahasiswa, jadi ane pakai WiFi kampus, ane vidcall dengan my wifey, lancar jaya.

2. WhatsApp

Aplikasi kedua yang ane pakai adalah WhatsApp. biasa disapa WA. WA sering diplesetkan menjadi Waosan Al-Quran alias membaca Quran. Nah WA awalnya hanya sebatas chat, berbagai foto video, document, dll.. Nah sekarang sudah memunculkan fitur baru, yakni VidCall.

WA Logo. (sumber)

Cara pakai, sama kayak LINE. buka chat, kemudian tekan/sentuh/pencet ikon gambar telp. Nanti ada pilihan voice call and video call. Ga berbeda jauh dengan LINE, VidCall WA menawarkan gambar yang lumayan bagus, tapi menurut ane, blm kayak HD sich, tapi sudah sangat jelas. Apalagi ditambah dg cahaya yg bagus. Pokoke Jossss..

Tapi ada beberapa keunggulan, meski jaringan kadang E atau ga stabil, ttp jalan walaupun lelet n kadang pause. Yang jempolan, lebih irit kuota data. Kalau masalah HP panas, sama saja... karna dirasa panas HP bersumber dari jaringan dan data.

WA VidCall. (sumber)
Setelah selsai menelpon, nanti akan ada review.. Kita ngasih feedback n pilih komenya.

Nah, untuk paket data. WA ini ga terlalu boros. Pokoknya lbh irit timbang LINE. Coba saja kalau ga percaya. Untuk perbandingan, Setengah jam ane VidCall pakai WA, ane hbs 100 mb, kalau pakai LINE bisa 200 - 300 mb. Apalagi ditambah sering pakai kamera utama, huft, itu lebih menguras baterai n paket data.

Untuk suara, LINE n WA sama-sama bagus. Fiturnya juga sama.

Apalagi ini? aku bingung mau nulis apalagi..

3. IMO

Daripada pusing, langsung dech ke aplikasi ketiga... IMO.

IMO Logo. (sumber)

Sebenarnya saya tahu dan kemudian pakai aplikasi IMO ini, karna cerita temen. Suatu ketika kami sedang dikampus, dan teman saya nelp kekampung halaman ibunya memakai aplikasi ini. Bisa dibayangkan, ini aplikasi ajib dan wajib coba. kekampung pakai VidCall..

dia juga kasih testimoni kalau paket datanya irit. hehehe... Langsung Install dech aplikasi IMO ini.

Test aplikasi ini... wuss lumayan.. voice gada sendat-sendat. Ga peduli jaringan ga stabil. Suara tetap OK. Tapi agak kecewa sich dengan gambar. dibanding dg WA or LINE, kualitas gambar imo beda atau dibawah dari mereka berdua... tapi unggulnya, saat mereka berdua ga bisa menjangkau dengan kualitas signal rendah, imo hadir menggantikan mereka.

Tapi klu kamera HP bagus n signal bagus, ga kalah koq dg LINE & WA. So, recommended buat instal nich 3 Aplikasi. Wajib coba satu2.

Kuota data , ya jangan ditanya... udah pasti paling ngirit. Ane pakai IMO saat bosan pakai LINE or WA. biar ada variasi.
IMO VidCall. (sumber)

Sebenarnya, aplikasi VidCall dari IMO, WA, LINE, kurang lebih sama dari display n fitur, palingan beda dikit.


So, apa yang perlu diperhatikan ane dan tmn2 semua sbg user dari aplikasi VidCall ???

1. Kenali tipe smartphone dan provider. Tentu akan tahu kekuatanya, misal kualitas kamera depan dan kuatnya jaringan.
2. Kalau kuota masih banyak, bisa pakai LINE biar jelas, udah mulai low, pakai WA. kuota nipis pakai IMO.
3. Perhatikan posisi n signal. Kalau signal E, pakai IMO. Signal 3g pakai WA. Signal H+ or 4g pakai LINE.
4. Siapkan Headset and Charger.
5. Instal ketiga Aplikasi tsb, dan rasakan perbedaan tiap aplikasi.
6. Usahakan jangan terlalu lama VidCall.. karna hal ini akan berdampak..... pada apa hayo? pikir aja sendiri...

Sudah, segitu dulu curhat ane dimalam minggu oleh sang LDR. Sampai jumpa pada tulisan ga jelas berikutnya.
Yang ada pengalaman dg VidCall boleh tulis dikomentar, or mau nambahi Skypee, or yang lain.. boleh kasih saran.. Makasih lho ya.

Note :
1. review vidcall 3 aplikasi digunakan untuk hp dan provider selular yang sama. Hasil bisa berbeda tiap provider dan hp.
2. Review ane buat vidcall dari Yogyakarta - Lamandau & Pangkalan Bun (kalteng)
3. Hasil bisa berbeda dengan beda merk hp dan provider

0 komentar:

Post a Comment