Jarak Antara Palangka Raya dengan Ibu Kota Kabupaten di Kalimantan Tengah

May 27, 2018

Kalimantan Tengah merupakan provinsi dengan luas wilayah terbesar kedua setelah Papua dengan luas 157.983 km2. Provinsi Kalimantan tengah memiliki 13 kabupaten dan 1 kota. Ibu kota berada di Palangka raya. Berapakah jarak tiap kabupaten ke Palangka raya?


Kabupaten di Kalteng yakni Katingan, Pulang Pisau, Kapuas, Kotawaringin Timur, Seruyan, Gunung Mas, Barito Utara, Barito Timur, Barito Selatan, Murung Raya, Lamandau, Kotawaringin Barat dan Sukamara dan 1 kota, yakni kota Palangka Raya.

Peta Provinsi Kalteng
Tulisan ini memuat mengenai jarak antar ibukota kabupaten ke kota palangka raya. Jarak ditempuh dengan perjalanan darat. Ditulis berdasarkan dari yang terdekat ke terjauh.

1. Jarak Antara Palangka Raya ke Katingan (Kasongan – 88 KM)

Kabupaten katingan beribukota di Kasongan. Katingan adalah kabupaten dengan Jarak terdekat ke ibukota Provinsi. Jarak antara Palangka Raya ke Kasongan adalah 88 KM. letaknya berada di sebelah barat dan berbatasan langsung dengan Palangka Raya.

2. Jarak Antara Palangka Raya ke Pulang Pisau (Pulang Pisau – 98 KM)

Kabupaten Pulang Pisau mempunyai ibukota di Pulang Pisau. Pulang Pisau adalah kabupaten dengan jarak terdekat kedua setelah katingan dan hanya mempunyai selisih jarak 10 KM saja. Jarak antara Palangka Raya ke Pulang Pisau adalah 98 KM. Hanya selisih 10 KM dari Kasongan – Palangka Raya letaknya berada di sebelah timur ke arah Banjarmasin (kalsel)  dan berbatasan langsung dengan Palangka Raya.

3. Jarak Antara Palangka Raya ke Kapuas (Kuala Kapuas – 142 KM)

Kapuas merupakan kabupaten yag berbatasan langsung denan Kalimantan Selatan. Kabupaten Kapuas beribukota di Kuala Kapuas. Jarak antara Palangka Raya ke Kuala Kapuas adalah 142 KM. letaknya berada di sebelah timur Pulang Pisau dan berbatasan dengan Pulang Pisau dan Provinsi Kalsel.

4. Jarak Antara Palangka Raya ke Gunung Mas (Kuala Kurun – 180 KM)

Kabupaten Gunung Mas mempunyai ibukota di Kuala Kurun. Jarak antara Palangka Raya ke Kuala Kurun adalah 180 KM. Letaknya berada di sebelah timur laut ke arah murung raya  dan berbatasan langsung dengan Palangka Raya.

5. Jarak Antara Palangka Raya ke Barito Selatan (Buntok – 183 KM)

Kabupaten Barito Selatan mempunyai ibukota di Buntok. Jarak antara Palangka Raya ke Buntok adalah 183 KM. Hanya selisih 3 KM jika dibandingkan dengan jarak dari Kuala kurun ke Palangka Raya. Barito Selatan berbatasan barito utara dan barito timur.

6. Jarak Antara Palangka Raya ke Kotawaringin Timur (Sampit – 227 KM)

Kabupaten Kotawaringin Timur mempunyai ibukota di Sampit. Jarak antara Palangka Raya ke sampit adalah 227 KM. Sampit menjadi terkenal setelah kerusuhan sampit di tahun 2000n. Kotawaringin Timur atau kotim berbatasan dengan seruyan di sebalah barat dan katingan disebelah timur.

7.  Jarak Antara Palangka Raya ke Barito Timur (Tamiang Layang – 276 KM)

Kabupaten Barito Timur mempunyai ibukota di Tamiang Layang. Jarak antara Palangka Raya ke tamiang layang adalah 276 KM. Barito Timur atau Bartim berbatasan langsung dengan Kalimantan selatan dan Barito selatan.

8. Jarak Antara Palangka Raya ke Barito Utara (Muara Teweh – 354 KM)

Kabupaten Barito Utara mempunyai ibukota di Muara Teweh. Jarak antara Palangka Raya ke muara teweh adalah 354 KM. Barito Utara berbatasan langsung dengan Murung Raya, Kapuas dan Barito selatan.
Baca : Peneliti Muda asal Muara Teweh mendapat Medali di Tingkat Asia
Pertanian di Kabupaten Barito Utara 

9. Jarak Antara Palangka Raya ke Seruyan (Kuala pembuang – 385 KM)

Kabupaten Seruyan mempunyai ibukota di Kuala Pembuang. Jarak antara Palangka Raya ke kuala pembuang adalah 385 KM. Seruyan berbatasan langsung dengan Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Timur.

10. Jarak Antara Palangka Raya ke Murung Raya (Puruk Cahu – 411 KM)

Kabupaten Murung Raya mempunyai ibukota di Puruk Cahu. Jarak antara Palangka Raya ke Puruk Cahu adalah 411 KM. Murung Raya berbatasan langsung dengan Kalimantan selatan, Kalimantan Timur, Barito Utara, Kapus, dan Gunung Mas. Murung Raya bisa dikatakan sebagai kabupaten paling utara di Provinsi Kalimantan Tengah

11. Jarak Antara Palangka Raya ke Kotawaringin Barat (Pangkalan Bun – 449 KM)

Kabupaten Kotawaringin Barat mempunyai ibukota di Pangkalan Bun. Jarak antara Palangka Raya ke Pangkalan Bun adalah 449 KM. Pangkalan Bun tidak luput dari dampak kerusuhan sampit di tahun 2000n. Kotawaringin Barat atau kobar berbatasan dengan seruyan, lamandau, Laut Jawa dan sukamara. Dikotawaringin Barat, terdapat pelabuhan dan Bandara.

12. Jarak Antara Palangka Raya ke Lamandau (Nanga Bulik – 559 KM)

Kabupaten Lamandau mempunyai ibukota di Nanga Bulik. Jarak antara Palangka Raya ke Nanga Bulik adalah 559 KM. Lamandau adalah kabupaten pemekaran dari Kotawaringin Barat. Lamandau berbatasan dengan Kotawaringin Barat, sukamara dan Kalimantan Barat.

13. Jarak Antara Palangka Raya ke Sukamara (Sukamara – 686 KM)

Jarak terjauh dari Palangka raya adalah Kabupaten Sukamara. Kabupaten Sukamara terletak paling barat provinsi Kalimantan Tengah. Kabupaten Sukamara mempunyai ibukota di Sukamara. Jarak antara Palangka Raya ke Sukamara adalah 686 KM. Seperti halnya Lamandau, Sukamara adalah kabupaten pemekaran dari Kotawaringin Barat. Sukamara berbatasan dengan Kotawaringin Barat, Lamandau, Laut Jawa dan Kalimantan Barat.


Terlepas dari Jauh jarak antar kabupaten ke kota Palangka Raya, akses jalan sudah terhubung meski kadangkala diwarnai jalan berlubang. Dibeberapa titik, kapal feri masih digunakan untuk menyeberang.

Jarak pada artikel ini ditulis berdasarkan jarak dengan ibukota, sehingga jika dibandingkan dengan daerah yang pelosok, tentu akan terdapat hasil yang berbeda.



Tag : jarak antar kabupaten di Kalimantan tengah, kabupaten di Kalimantan tengah, provinsi Kalimantan tengah, info kalteng, info plk.

Jarak Antara Palangka Raya ke Katingan (Kasongan – 88 KM)
Jarak Antara Palangka Raya ke Pulang Pisau (Pulang Pisau – 98 KM)
Jarak Antara Palangka Raya ke Kapuas (Kuala Kapuas – 142 KM)
Jarak Antara Palangka Raya ke Gunung Mas (Kuala Kurun – 180 KM)
Jarak Antara Palangka Raya ke Barito Selatan (Buntok – 183 KM)
Jarak Antara Palangka Raya ke Kotawaringin Timur (Sampit – 227 KM)
Jarak Antara Palangka Raya ke Barito Timur (Tamiang Layang – 276 KM)
Jarak Antara Palangka Raya ke Barito Utara (Muara Teweh – 354 KM)
Jarak Antara Palangka Raya ke Seruyan (Kuala pembuang – 385 KM)
Jarak Antara Palangka Raya ke Murung Raya (Puruk Cahu – 411 KM)
Jarak Antara Palangka Raya ke Kotawaringin Barat (Pangkalan Bun – 449 KM)
Jarak Antara Palangka Raya ke Lamandau (Nanga Bulik – 559 KM)
Jarak Antara Palangka Raya ke Sukamara (Sukamara – 686 KM)
Previous
Next Post »
0 Komentar