Blog ini memuat berbagai karya tulis, seperti sastra, cerpen, puisi, News, tentang Kalteng, tutorial, informasi, pengalaman, dan karya tulis lainnya

Thursday, 3 May 2018

7 Tips Agar lancar akad - Pengalaman Pribadi


Akad Nikah merupakan bagian dari prosesi pernikahan. Akad merupakan acara yang sakral dan menurut pendapat pribadi, inti dari resepsi pernikahan adalah akad. Dalam akad, mempelai pria membaca ijab Kabul yang menyatakan dia bersedia menikahi dan mengawini si gadis. Nah ga lucu kan jika kita lupa akan bacaan akad.
Sebelumnya, mari kita simak definisi akad menurut KBBI.akad [1] n janji; perjanjian; kontrak: -- jual beli;
-- kredit perjanjian atau kontrak perkreditan: beberapa pemilik rumah tidak mau menempati rumahnya krn belum mendapat kepastian dr pihak bank tt pembayaran ~ kredit; -- nikah pelaksanaan nikah dng ijab dan kabul;
ber·a·kad v mengikat perjanjian (kontrak)
Oleh karena itu, penting bagi pengantin pria mempersiapkan diri semaksimal mungkin agar acara berlangsung hikmat dan lancar. Bahkan, sekali langsung lancar. Itu yang diharapakan. Atau malah terjadi sebaliknya, tanpa persiapan hingga lupa dan mengulangi lagi. Nasib baik bila tidak direkam, kalau direkam dan live, bisa jadi tontonan lucu kan.. Aduh malu guys.



Hayo ngaku, yang udah hafalin bacaan akad jauh – jauh hari? Hehehehe.. awas lupa pas hari H.
Untuk itu, simak 7 tips trik agar lancar akad. Tips ini terbukti ampuh ane lakukan, satu kali sukses pada prosesi akad tgl 29 April 2018 kemarin.


Baca gan tip berikut ini;

Berwudhu dan Mandi

Hal pertama yang harus dilakukan mempelai pria di malam hari adalah niat nikah bahwa nikah semata melaksanakan ibadah dan memperoleh ridha Allah. Nah pagi hari, harus mandi. Tujuanya, agar badan fresh, segar dan tidak bau. Apakah mandi biasa? Tentu tidak, bagi saya pribadi, karna ini akan melaksanakan ibadah, bahkan menyempurnakan separuh agama, kita harus bersih. Baca niat mandi besar, dan mandi seperti biasa. Kalau belum bisa? What…. Belajar lah, kan calon imam.
Setelah mandi, berpakain yang rapi, bersih dan sopan (bisa jas, atau pakaian adat), berwudhu lah. Tujuanya, agar kita suci dan terhindar dari gangguan jin yang bisa mengganggu hafalan kita. Yakinlah, menyucikan diri kita, baik hati dan raga, eh batin juga. Point utama, wudhu dan mandi.

Baca Doa

Tips selanjutnya adalah baca doa. Doa yang cukup familiar. Yakni minta dilancarkan lidah kita agar tidak kelu saat membaca akad.

Latihan

Yup latihan. Latihan akad, baik itu dengan teman, atau dengan ayah kita. Atau dengan penghulu langsung. Atau latihan didepan kaca, depan hp kemudian rekam. Intinya latihan, buat suasana seperti layaknya akad sungguhan tapi itu adalah simulasi. Simulasi akad. Jangan malu atau minder. Biasanya, sebelum akad resmi, penghulu akan menguji kita, untuk meyakinkan bahwa kita lancar dan bisa.

Perlu saya tegaskan, masih lebih deg deg degan, alis berdebar jantung saat sidang skripsi atau thesis dibanding akad. Terlepas dari beban dan tanggung jawab kita setelah akad.
Ingat ya, Latihan.

Minta doa Restu dan Minta Maaf pada kedua orang tua kita

Doa restu dan minta maaf. Minta izin dan maaf sekali lagi dengan orang tua kita. Ya meski nanti setelah akad, kita sungkem lagi. It’s ok. Skip bagian ini boleh.

Jangan Tatap Mata Penghulu atau Wali

Nah ini mungkin agak aneh. Tapi tips dari para orang tua ini jangan diremehkan. Alasan utamanya adalah takut kita gerogi. Gerogi dan mengakibatkan kita lupa akan bacaan. Saran; lihat tanganya, dan dengarkan suaranya. Ketika terdengar suara tunai dan goyangan tangan, langsung baca akad. “saya terima xxxxx”.

Senyum

Senyum adalah ibadah. Dengan senyum bisa mengartikan bahwa semua baik – baik saja. Everything gonna be ok. Lewat senyum, yakinkan diri bahwa saya bisa. Tak perlu tegang dan gerogi, cukup senyumin aja.

Bawa Catatan

Jika langkah 1 – 6 sudah dilakukan tapi tetap lupa atau tidak yakin. Bawa catatan!. Ditulis disecarik kertas. Jika kita tidak bawa, nanti dituliskan oleh penghulu jika kita lupa. Tapi kan malu guys.


Kalau sudah 7 tips ga lancar juga, wassalam guys. Turut berduka ane gan.

Nah itu guys 7 tips agar lancar akad. Point utama ada pada diri sendiri yang mengakibatkan gerogi dan akhirnya lupa.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Statistik