Blog ini memuat berbagai karya tulis, seperti sastra, cerpen, puisi, News, tentang Kalteng, tutorial, informasi, pengalaman, dan karya tulis lainnya

Sunday, 27 May 2018

Info Akses Jalan, Kendaraan Umum, di Provinsi Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah merupakan provinsi dengan luas wilayah terbesar kedua setelah Papua dengan luas 157.983 km2. Provinsi Kalimantan tengah memiliki 13 kabupaten dan 1 kota. Ibu kota berada di Palangka raya.

Foto Gerbang Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat
Kabupaten di Kalteng yakni Katingan, Pulang Pisau, Kapuas, Kotawaringin Timur, Seruyan, Gunung Mas, Barito Utara, Barito Timur, Barito Selatan, Murung Raya, Lamandau, Kotawaringin Barat dan Sukamara dan 1 kota, yakni kota Palangka Raya.

baca : Jarak antar kabupaten dengan Palangka Raya
Permainan Tradisional Khas Kalteng 

Lalu bagaimana jika akan mengunjungi kabupaten atau Kalimantan tengah, ada beberapa opsi pilihan kendaraan dan akses jalan. Berikut ulasanya;

1. Bandara

Provinsi Kalimantan tengah mempunyai Bandara yang aktif melayani penerbangan setiap hari, baik ke Jawa, Kalbar, Kalsel, maupun antar kabupaten.
a. Bandar Udara Iskandar, 
berada di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat.
Rute; ke Ketapan dan Pontianak (Kalbar), Surabaya (Jatim), semarang (jateng), Jakarta, Sampit.
b. Bandar Udara Cilik Riwut, berada di Palangka Raya.
Rute; sampit, Banjarmasin, solo, semarang, Surabaya, Jakarta, dan beberapa penerbangan lainya.
c. Bandar Udara Haji H, Asan, berada di Sampit, Kotawaringin Timur.
Rute: pangkalan bun, palangka raya, Surabaya, semarang, dan beberpa destinasi penerbangan lainya.
d. Bandar Udara perintis Kuala Kurun, Gunung Mas.
e. Bandar Udara Perintis H.Muhammad Sidik di Barito.

2. Pelabuhan

a. Pelabuhan Panglima Utar, berada di Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat.
b. Pelabuhan Sampit, berada di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.


3. Bus

a. Bus dari Kotawaringin Barat (Pangkalan Bun) ke Palangka raya adalah Yessoe Travel, logos, Damri, Kaswa dan Agung Mulia. Bus bisa berhenti di setiap agen di tiap kabupaten; Seruyan, Kotawaringin Timur (terminal), dan katingan. Berangkat tiap 16.00 WIB (dari dan ke) atau 08.00 WIB.
b. Bus dari Lamandau ke Palangka raya adalah Doa Mama.
c. Palangka Raya ke Kalimantan Selatan dilayani dengan Bus Yessoe Travel. Sedang kabupaten antara Palangka raya dan Kalimantan selatan seperti Pulang Pisau dan Kapuas dapat membeli tiket di agen.
d. Damri selaku perusahaan Negara membuka rute antar kabupaten antar provinsi, yakni di mulai dari Pangkalan Bun, Lamandau, Sukamara dan berakhir di Pontianak

4. Travel

Travel menjadi pilihan guna mobilitas yang menghubungkan tiap kabupaten. Jangan kuatir, anda akan mudah menemukan travel di tiap ibukota kabupaten, namun agak sulit jika mencari di tiap kecamatan.

5. Taksi dan Angkot

Taksi bandara melayani rute dari dan ke bandara saja. Angkot, hanya tersedia di kota – kota dan jumlahnya kian menurun seiring bertambahnya jumlah mobil pribadi dan motor.

6. Grab

Kendaraan online Grab telah hadir di kota Palangka Raya.

7. Perahu Bermotor, Kelotok

Kendaraan / mode transportasi air ini masih digunakan. Hal tersebut dikarenakan wilayah Kalimantan tengah yang banyak sungai dan tidak semua terhubung dengan jembatan. Misalnya saja, di Kabupaten Seruyan, dari kecamatan pembuang hulu ke ibukota di kuala pembuang, penduduk lebih menyukai menggunakan kelotok.
Kelotok juga digunakan untuk penyebarangan di tempat wisata, misalnya tanjung keluang.

8. Speed Boat

Speed boat selain digunakan untuk wisata, misalnya di Taman Nasional Tanjung Puting yang berada di Kotawaringin Barat dan berangkat dari pelabuhan panglima utar, kumai, kotawaringin barat.
Namun, terkadang digunakan oleh sebagian masyarakat yang akan menuju kabupaten sukamara dari kota pangkalan bun.  Pelabun speed boat berada di sungai arut, kotawaringin barat.

9. Feri

Kapal besar yang bisa digunakan untuk mengangkut orang sekaligus kendaraan, seperti sepeda motor dan mobil, namun dengan jumlah dan kapasitas berbeda – beda. Disebagian wilayah barito, Kapuas, murung raya, masih menggunakan mode kapal ini.

10. Bemotor

Nah ini kendaraan pribadi, yakni Sepeda Motor. Mudah dan nyaman. Apalgi jika akan bepergian dari ibukota kabupaten ke kecamatan.

Info wisata di Kalteng bisa diklik disini

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Statistik

Buku Jurus Jitu CPNS

Super Jitu Lolos Tes CPNS