Thursday 30 March 2017

Catatan Perjalanan KI Pacitan 2 Part 2

Total siswa dalam 1 sekolah ada 127 siswa yang terbagi kedalam 6 kelas dg rincian sebagai berikut ;
Kelas 1 : 19 siswa, kelas 2 ; 27 siswa, kelas 3 : 26 siswa, kelas 4 : 20 siswa, kelas 5 : 21 siswa, kelas 6 : 14 siswa.

Menurut ane, ini rekor siswa terbanyak selama ane mengikuti KI, ini KI ketiga ane. Dulu pas di KI Klaten 1, lumayan, dengan jumlah siswa ideal. Pas KI Klaten 2, kurang siswa ampe kami gabung dan bagi menjadi 3 kelas saja. (1 & 2, 3 & 4 ,dan , 5 & 6).



Dengan kelas dengan banyak siswa tentu perlu relawan pengajar yang banyak pula sebenarnya, biar ga terlalu capek. Namun, semangat tetap membara dihati para kaka relawan dalam menyampaikan materi ttg profesi mereka. Setidaknya ada beberapa point yang harus disampaikan saat dikelas, : Siapa aku, apa profesiku, bagaimana caranya menjadi aku, apa peranku dalam masyarakat. beragam cara dan alat digunakan dalam kelas, agar anak-anak antusias dan tidak bosan. Diselingi dg tepuk, yel-yel, dan beragam permaianan.

Jujur saat pertama ikut KI, waktu 30 menit terasa lama dan hampir kehabisan materi. Saat KI kedua kalinya, pas, artinya belajar dari kesalahan. Malah di Ki ketiga, ane kekurangan waktu. Jadilah time keeper member tahu kalau sudah selesai. Maafkan ane ka, ane khilaf.

Inspirator


Berikut ane perkenalkan team relawan pengajar (inspirator) rombel 10 SDN Watukarung.

Yang pertama ada ka Setya Jimmy. Panggilanya ka jimmy. Ka jimmy ini yang paling ganteng, soale sudah sold out alias sudah menikah, jadi ane simpulkan, kegantenganya tidak terbantahkan lagi. Pekerjaan ka jimmy sebagai Banker. Asalnya dari Surabaya. Ka jimmy ini bekerja di bank Panin, ane lupa detilnya. Kalau ada yang pengen tahu, nanti bisa ane tanyakan. Ane ga terlalu banyak ngusilin ka jimmy, soale takut kualat, peace ka. Ka jimmy ini orangnya asyik n enak diajak ngbrol, apalg soal finance, behhh ilmu nya banyak bro. soal kehidupan rumah tangga, ane yakin 100% ka jimmy ahlinya. Ntar bisa belajar ni ma ka jimmy.. hehehe.

Bro, bagemane ka jimmy ngajar dikelas? Eh ente muncul lg, ntr ye pas part selanjutnya, mudahan ane bisa jawab, ga hanya ka jimmy, tp kaka yg lain juga bisa jadi ane bocorin.. tp cerita ini kan ane yg jadi fokus utamanya.. wkwkwkwk

Yang kedua, ane.  Duh, ga usah ditulis lagi ya.. tadi kan udah didepan. Ane skip aja. Nanti biar kaka lain yg nulis ttg ane.

Yang ketiga, ada mba Vike. Mba vike ini seorang Dokter. Sebenarnya ane mau manggil bu, tp biar lebih akrab, jadi ya ane panggil mba aja. Asalnya dari Semarang. Cantik kaga bro? jelas lah, namanya juga cewek, aneh2 aja ente. Udah ga usah disbanding-bandingin ma yg lain, jelas kalah… yg paling cantik itu, ibu…. Trus sape lg bro? istri ane ntr lah… lanjut ya….

(Baca : definisi kajian wacana video)

Pertama lihat mba vike, wowww.. sexy… emotnya, mata love love… ga gtu jg kali, biasa aja kali.. Pokoknya orangnya enak diajak ngbrol, santé, kadang gokil juga, bercanda… hmmmm bingung jg ane… bisa lah… deket ma anak-anak iya, jelaslah kan bu dokter. Pernah suatu hari ane godain sidin (panggilan dia halus ala bahasa banjar), “mba ve bisa kah jadi dokter cinta juga?”. Jawabnya “bisa banget..” hehehe… ente mau bro? ni anak muncul lagi, halalin adek dulu bang… puas kamu.. wusss pergi pergi… nah yak an lupa mau nulis apa… daripada salah, mending skip dulu, ntr kalau teman2 ada ngasih masukan, siap edit pokoknya, special diparagrapnya bu dokter. hehehe

Lanjut, ada mba Mega retina. Ane awal – awal salah nyebut trus ni, dg panggilan regina. Macam nama artis aja yak.. hehehe pekerjaannya sama dg ane, Penerjemah. Cie jodoh cie, samaan…. Hasyem ni anak muncul lagi, gal ah bro.. teman.. ane udah ada doi bro.. maksdnya calon istri… Mba mega ini dari Pandaan, Malang, Magetan. Eh koq dari 3 daerah, bingung ya… boleh dibilang macam keong, mba mega suka berpindah pindah.. hidup penuh petualangan kan bro. sisa diajak berpetualang didunia rumah tangga aja… ciat ciat ciat..

Orangnya kalem, penyabar, penyayang, lembut gaya bicaranya, pakai kacamata jg kayak ane. Lihat di CV nya, pengalamanya udah banyak. Orangnya tanggung jawab dan pintar, serta berdedikasi tinggi memenuhi panggilan jiwa, buktinya ikut KI.hehee nah membca dan mendongeng itu bagian dari keahlian dan hobinya. Yang suka minta didongengin mba mega itu mas iwan. Katanya biar cepat tidur. Hehehe cukup kali ya utk mba mega…hehe

Selanjutnya ada mba Ratna. Seorang Apoteker dari Pacitan. Kenal pertama kali dg mba Ratna saat mengikuti Kelas Inspirasi Klaten 1, nah terus ketemu lagi di Pacitan, satu rombel lagi. Ga mau komen tentang mba ratna, takut kualat ma orang tua..wkwkwk peace mba na. panggilan akrabnya mba na. orangnya baik, suka menolong, gokil iya juga, orang PD an n berani, dst. Ente berapa kali ketemu dg mba ratna bro? wah ane ga tau, soalnya setelah KI Klaten, sering meet up kami di Jogja. Pernah jalan2 juga malah. Pokoknya ane ngucapin thanks buat mba na karna udah host ane selama di Pacitan, ditraktir menu khas pacitan juga, padahal kita ngrepotin banget.. terharu saya.

Next, ada ka Endang Kurniawan. Pertama kali lihat pasti udah bisa nebak, kira-kira pekerjaannya apa. Badanya tegap dan penuh wibawa, memakai celana coklat dan baju bertulisankan turn back crime. Apa coba? Nah pekerjaan ka Endang adalah Cybercrime/Investigator di Polda Jatim dan SPN Mojokerto. Kalau tidak salah, spesialisasinya dibidang digital forensic (cmiimw), kalau salah koreksi ya ka Endang. Meski kelihatan wibawanya, tapi orangnya baik dan ramah pada anak-anak. Terbukti, pas KI kemaren, ka Endang begitu dekat dg anak-anak. Ga cuma ma anak-anak, ma kaka relawan lain juga iya. Ampe kita ditraktir soal homestay, makasih kaka. Kami tidak akan melupakan jasa baikmu.

(Baca : semua tentang penerjemahan)

Ada satu hal lucu saat ngbrolin ttg ka Endang ini. Jadi saat itu, malam sebelum hari inspirasi, kami menuju kerumah Pak RT utk ramah tamah dan dinner. Pas tiba, kami disambutnya, kami kira itu pak RT. Eh ga tau nya, itu ka Endang. Kirain ane saja yg bgtu, ternyata teman yg lain juga mengalami hal yang sama..hehehe  



Selanjutnya ada Pak Pujiono yang akrab disapa ka Ipuj. Bekerja di BPBD Pacitan. Pertama kenal saat briefing, Ka ipuj ini orangnya berwibawa dan naluri kebapak-bapakan nya, atau orang tua, itu sangat terlihat jelas. Bro, ka ipuj udah nikah? Udah yo, udah mempunyai anak juga. Jangan Tanya masalah anak yo ente, ane ga tau. Saat hari inspirasi, menurut ane kesan yang ditinggalkan ka ipuj begitu wow dimata anak-anak. Mulai dari atribut yang khas banget dengan BPBD dan juga sering bergaul. Kalau ente bro? kalau ane mah jangan tanya, pas-pasan bro… ampe ada anak SD yang sms ane tuh, fans lah biasa..wkwkwkw

Relawan terakhir ada ka Sudarno tapi akrab disapa “yts”. Masih menjadi misteri kenapa dan apa arti dari “yts”. Ketika ane dg gaya wartawan kriminal mencoba menelisik dan mencari arti apa itu “yts”, dg tegas ka sudarno tidak memberikan jawaban dan sampai sekarang kita masih menanti sebuah jawaban. Lebay amat ente bro! ya biar aja, emng begtu adanya. Mudahan suatu saat nanti ada jawabnya. Udah ah bahas yts nya. Nah ka Sudarno ini berprofesi sebagai seorang Pelatih Tari/Penari yang bertempat tinggal di Sragen. Ka darno ini orangnya ramah, penyabar, supel, pinter dandan (kemarin liat alat make up nya banyak), lemah gemulai (ya iyalah, kan buat nari, kalau ane kaku, berat buat nari), banyak ide dan wawasan luas terutama buat tari, dst.

Diakhir sesi, anak-anak SD diajarinya SD, kami aja para kaka relawan juga menari, meski hasilnya hmmmmm sudah kuduga, namun pede aja lagi, lha wong latihan cuma bentar doang, tp salut dg ka darno karna berhasil ngajari nari kami. emot tepuk tangan….

Nih bro untungnya dari Ikut KI, bisa tambah teman dari beragam profesi, plus nambah relasi dan silaturhami serta saudara. silaturahmi itu bisa mendatangkan rezeki. Meski ketemu saat hari Inspirasi, namun rasa persaudaraan, kita junjung tinggi.  Bagi yang belum ikut Ki, monggo daftar di KI. 

Akhir dari Catatan Perjalanan KI Pacitan 2 Part 2, selanjutnya… kalau kurang part, nanti ane tambahi penting apa yg ada dikepala, ane tuangkan semua dalam bentuk tulisan ini. sekali lagi, ane sampaikan maaf kepada kaka relawan, ane nulis ini.. jika ada hal yang perlu diedit, saya siap utk mengedit dan menghapusnya.


Yogyakarta, 30 Maret 2017
Choirul Fuadi, S.Pd.I


0 komentar:

Post a Comment