My Story Kelas Inspirasi Magelang 3 (KIM 3)

July 28, 2017
Anak Negeri ........ Kaki Sumbing .... Berani bersaing...

Begitulah Tagline diucapkan dengan keras dan membahana.

SDN Tanjungsari 2
Pagi itu, Sabtu, 22 Juli 2017, sekelompok pemuda pemudi Indonesia tengah melakukan dedikasi terhadap generasi penerus bangsa. Mereka melakukan pengabdian dengan penuh dedikasi dan ikhlas. Ya, tergabung dalam sebuah gerakan suci, Kelas Inspirasi. Para pemuda pemudi yang mempunyai latar belakang profesi yang berbeda - beda bersatu padu dalam satu gerakan, satu komando, satu tujuan suci, yakni memperkenalkan profesi mereka kepada generasi penerus bangsa.

suatu kehormatan bisa bergabung dalam gerakan ini.



Matahari belum terbit, namun motor kami telah melaju membelah padatnya jalanan kota Magelang menuju ketempat Inspirasi, SDN 2 Tanjungsari, berada di Windu sari. Lokasi berada di Kaki gunung sumbing.

Sekira satu satu jam kemudian, Gunung Sumbing telah menghampar didepan mata. Jalanan berliku , sempit dan berkabut tak menghalangi perjalanan kami tak sedikitpun menyurutkan motivasi kami demi berjumpa dengan siswa siswi SDN 2 Tanjungsari dan dalam pengabdian ini.

Selama perjalanan, mata dimanjakan dengan keindahan alam pedesaan dan bentang alam gunung sumbing. berani Cuti sehari dalam kegiatan ini, namun yakinlah, bukan mendapat kerugian, namun mendapat banyak hal positif. Pengorbanan yang dikeluarkan, tidak mampu jika dibandingkan dengan apa yang didapat dari KIM 3.

Bapak Ibu Guru SDN 2 Tanjungsari
Kelas Inspirasi, diibaratkan menginspirasi siswa siswi SD, tapi kata ka Widi, sebenarnya kita lah yang diinspirasi oleh siswa siswi, bahkan guru - guru yang rela mengabdi didaerah yang jaraknya lumayan jauh.

15 menit menuju jam 7 pagi, setelah melewati tanjakan, turunan, lembah dan halangan rintang, kami mencapai SD. Kami disambut oleh para relawan, siswa, warga dan guru. dengan busana adat Jawa, para Guru terlihat sangat antusias dalam kegiatan ini. Siswa siswi pun tak kalah antusias ketika bertemu kami. Apalagi para relawan, persiapan telah dimulai sejak pagi.

Jika ditanya, apa yang saya rasakan? tentu, Brrrrr.... dingin... coba tes air... gile, ini air apa es???

Siswa siswi juga unik. asyik. Namun terkadang bandel juga. Bahasa yang digunakan bahasa jawa Ngapak. agak sedikit berbeda dengan bahasa Jawa Ngapak yang saya pelajari.

Siswa Siswi SDN Tanjungsari 2
Ada yang berbeda dari KI kali ini, yakni kelas literasi. Cerita - cerita begitu dech atau bercerita didalam kelas. intinya, mengajak siswa siswi agar gemar membaca. dalam kelas literasi ini, Ada juga kaka buku. dalam kegiatan ini, kaka buku menyalurkan eh memberikan sumbangan buku kepada sekolah.


Personil tim SDN 2 Tanjungsari, ;

Ka Riri Rubus dan Ka Catur, 2 orang fasil yang kece badai. Ka riri sebagai seorang yang sering terkena gombalan dan ka catur, yuk kita comblangin mereka berdua... Pengorbanan ka catur ini luar biasa, menunggu para relawan inspirator datang hingga larut malam. Meski masih berstatus mahasiswa, tapi yakinlah mereka tindakan mereka itu luar biasa, menghadapi kami para relawan yang terkadang sibuk atau aneh - aneh. sabar banget orangnya, apalagi lihat wajahnya ka riri, wuih teduhnya.

Ka Catur dan Ka riri
Tim Dokumentator, ada ka Indra, Ka winda dan Ka Anton. Tanpa mereka bertiga, apalah kami tak ada foto. Terima Kasih kaka. Walau mereka jarang berfoto, tapi mereka dengan rela dan ikhlas melakukan sesi mereka. Ka indra, guru dengan segudang karya..ehem... ka winda, ini sering ngusilin ane dengan foto - foto aneh.. huft.. Ka anton, suami dari Ka jo.

Ka Indra

Ka Anton

Ka Winda
Tim Inspirator, sebagai pengajar dan menjelaskan profesi mereka ke siswa SD. siapa mereka? berikut deskripsinya dari kacamata saya..hehehe peace ya ka...

Ka Irwan (pengusaha desain dan konveksi). Ini kali kedua satu kelompok dengan Ka iwang, sebelumnya sama - sama satu kelompok di KI Lebak, Provinsi Banten.

Ka Iwang
Ka Ayu (dokter), dokter muda dan cantik serta menawan. kalau urusan lain, bisa DM ane ya.. Rasanya masih single ya ka...
Ka Ayu
Ka Chandra (penyiar). Jangan ditanya soal kaka satu ini, jelas memiliki suara yang merdu. dari suara emasnya, banyak fansnya lho. radio unima FM. 87,6.

Ka Chandra
Ka Diana (Dosen); Ibu dosen yang gokil. Duh, jadi kepengan kuliah lagi di Kampusnya bu diana kalau dosenya kayak bu diana semua, hahaha
Ka Diana
Ka neivy (psikolog). ka neivy ini juara kalau soal psikologi.
Ka Neivy
Ka tiwuk (social worker): ka tiwuk ini sudah sering malang melintang didunia kelas inspirasi.
Ka Tiwuk
Ka Joana (Karyawan bidang peternakan): istri ka anton. punya koleksi boneka dan dekat dengan anak - anak.
Ka Joanna
Ka mei (staff PT KAI): Ini artisnya kalau foto buat IG. Bumerang, ahli pokoknya. salah satu kerjaan ka mei ni ukur dan jaga rel kereta api, bayangin aja, rel aja dijaga apalg hati kamu.. hehehehe
Ka Mei
Ka choi (penerjemah): baca aja blog ini... wkwkwkw

Ka widi (telecommunication engineer) : Ka widi ini, kalau dilihat ini ganteng cocok. ga tau single atau married. nanti bisa DM yak. urusan signal telekomunikasi, ini urusan ka widi. tegas dan banyak ide.
Ka Widi
Ka Charisma (Kaka Buku): tanpa mu, tanpa ada buku. Suka baca n nongkrong diperpustakaan. masih SMA disalah satu SMA Ma'arif di Magelang.
Ka Charisma

Dari kegiatan ini, menambah CV dan pengalaman. Indonesia itu luas dengan berbagai suku dan bahasa, begitu juga di SD 2 Tanjung Sari. Kemajemukan masyarakat menjadikan kita sebagai bangsa yang kaya. Kaya akan budaya.

Cara mengajar anak siswa siswi dari satu SD dengan SD lainya berbeda. Mengenalkan profesi kepada mereka bisa dengan cara dan metode berbeda.

Kelas literasi menjadi pengelaman seru dan baru, bisa diadopsi oleh KI maupun gerakan lain bertujuan agar tercipta generasi penerus yang Kuat, dalam hal pendidikan, ekonomi, kesehatan dll





  
Previous
Next Post »
0 Komentar