Saturday, 2 March 2019

Resensi Buku Kesulitan Berbahasa Pada Anak

Resensi Buku Kesulitan Berbahasa Pada Anak

Aspek dalam berbahasa terdiri atas mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Setiap aspek berbahasa harus bisa dimiliki oleh setiap insan. Lalu bagaimana jika ada salah satu aspek berbahasa yang belum atau bahkan sulit dikuasi oleh anak?

Buku satu ini menjadi rekomendasi, bahkan wajib untuk dibaca. Kenapa? Karena buku ini menyajikan deteksi dini kesulitan berbahasa pada anak dan bagaimana cara penangananya.

Judul Buku dan Penulis

Buku berjudul "kesulitan berbahasa pada anak". Terbitan penerbit Kanisius pada 2014. Jumlah halaman 140 halaman.

Penulis Amitya Kumara, seorang Professor dibidang psikologi dan psikoterapis. Selain itu, berprofesi sebagai Dosen fakultas Psikologi di Universitas Gajah Mada.

Hebatnya, disertasi dan tulisanya membahas secara detail mengenai kesulitan berbahasa, khususnya pada anak SD. Ia juga pernah diundang ke Universitas Leipzig, Jerman.

Jadi, secara keilmuan dan keahlian sudah tidak diragukan lagi. Atau dengan bahasa lainya yakni Expert atau Ahlinya.



Isi Buku

Buku ini berisi berbagai teori berkaitan dengan kemampuan berbahasa dari para ahli, juga berbagai literasi referensi yang terdiri atas jurnal, penelitian, studi kasus, dst.

Buku ini jug dilengkapi study kasus yang ditemukan didalam realita didalam masyarakat. Tak hanya sekedar tahu masalah, anda juga diajak berpikir mencari penyebab masalah yang terjadi. Untuk kemudian memberikan tretmen atau penanganan yang tepat kepada anak.

Cocok dibaca untuk siapa?

Buku ini termasuk ke dalam jenis psikoedukasi. Dalam hal ini, orang tua wajib membaca buku ini, terlebih bagi orang tua yang mempunyai anak dengan kesulitan berbahasa seperti membaca. Atau anda masyarakat umum yang ingin membantu sanak saudara atau tetangga keluar dari masalah kesulitan membaca.

Dalam dunia akademik, guru bahasa yang mana dituntut untuk dapat mengajarkan anaknya bisa berbahasa juga harus membaca, mulai dari SD. Tak hanya guru, dosen, mahasiswa hingga praktisi tidak ada salahnya membaca buku ini. Selain memberikan ilmu, dapat berguna bagi menyelesaikan kesulitan membaca.

Kasus dan Penanganan

Kasus diuraikan dengan detail. Bahkan disertai dengan asesmen. Juga risiko yang dialami anak jika terlambat ditangani. Kemudian, bagaimana cara penanganya berdasarkan kaidah ilmiah, terukur, teruji serta sesuai dengan perkembangan anak.

Kasus yang diungkapkan seperti anak yang mengalami kesulitan membaca, kesulitan menulis, anak cadel, anak bisu selektif dan kesulitan belajar di SD inklusi.


Kesimpulanya.

Buku ini tidak terlalu tebal dan praktis, serta to the point kepada pokok bahasan dan isi. Meski jenis buku ini layaknya buku panduan, kita akan diajak untuk memahami dan kemudian menemukan solusi berdasarkan kaidah ilmiah.

Worth it untuk dibeli dan dimiliki

0 komentar:

Post a Comment