Sunday, 3 March 2019

Pasar Modal dan Manfaatnya

Pasar modal dan manfaatnya

Pasar Modal adalah kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, urusan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. Produk investasi di pasar modal adalah produk keuangan seperti saham, obligasi, reksadana, dan produk turunan lainnya (UU Pasar Modal no 8 tahun 1995).

Manfaat pasar modal adalah sebagai berikut:
1. Sumber pembiayaan 
pasar modal sebagai salah satu sumber pembiayaan (jangka panjang) bagi perusahaan baik digunakan untuk pengembangan usaha maupun tujuan pendanaan lainnya.
2. Wahana Investasi
Pasar modal sebagai tempat investasi bagi investor yang ingin berinvestasi di aset keuangan.
3. Penyebaran kepemilikan perusahaan
Pasar modal sebagai tempat untuk penyebaran kepemilikan perusahaan kepada masyarakat.
4. Keterbukaan dan profesionalisme
Pasar modal merupakan salah satu industri yang sangat terbuka dan menjunjung tinggi profesionalisme sehingga akan mendorong terciptanya iklim usaha yang sehat.
5. Lapangan kerja
Pasar modal akan menciptakan lapangan kerja atau profesi bagi masyarakat baik sebagai pelaku pasar maupun investor.

Seiring dengan perkembangan bisnis sebuah perusahaan, jika seorang pengusaha akan melakukan ekspansi bisnis sehingga membutuhkan modal yang relatif besar maka meminjam atau mendapat model dari teman seringkali tidak mau memungkinkan. Pasar modal hadir untuk memfasilitasi pengusaha yang ingin mendapatkan dana besar untuk pengembangan usaha dengan meminjam kepada publik melalui penerbitan surat utang atau obligasi dan atau menjual sebagian saham kepada publik.

1 comment: