Sunday, 21 May 2017

Antivirus Smadav : Kantor Pusat Berada di Palangka Raya, Kalteng

Smadav, siapa yang tak kenal anti virus ini. Antivirus buatan lokal Indonesia ini telah dikenal banyak oleh masyarakat Indonesia bahkan kini sudah menyebar hingga ke mancanegara.

Namun siapa sangka, anti virus ini sebenarnya berkantor pusat di Palangka Raya. tepatnya di Jalan Raden Saleh. Jujur, awalnya saya juga kaget, bahkan saya baru tahu sekarang - sekarang ini, padahal saya kurang lebih 5 tahun berada di Kota Palangka Raya.

Smadav
Awal dulu, saat saya masih kuliah S1 di Kota Cantik, Palangka Raya, ada seorang teman bercerita bahwa Smadav itu singkatan dari Smada atau SMA DUA. Merujuk kesebuah nama sekolah menengah atas yang berada ditengah Kota Palangka Raya. Sekolah yang sempat menjadi RSBI alias Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Ya, kata mereka anak SMA penemunya. terlepas cerita ini benar atau tidak, tapi saya merasa berbangga diri ternyata ni anti virus selain karya anak bangsa, juga karya lokal dari Kalteng. Tak hanya saya, tapi juga anda, dan semua masyarakat bangsa Indonesia wajib n patut berbangga.

Baca : Tips & Trik Nulis Abstrak Lolos Review Jurnal/ Seminar

Baca : Imajinasi bersama Sanggar Menulis Cahaya

Update, berdasar hasil diskusi di Wall FB, seorang teman menyarankan referensi via wikipedia bercerita mengenai sejarah Smadav, sebagai berikut :
Smadav dibuat oleh Zainuddin Nafarin pada tahun 2006 saat masih berstatus sebagai siswa kelas XI SMA Negeri 2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, berkat perkenalannya dengan Visual Basic di laboratorium komputer sekolahnya. Pengembangan Smadav sempat tertunda hingga tahun 2008 saat ia mulai kuliah di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Dalam perkembangannya, Smadav dikembangkan bersama-sama dengan para sukarelawan secara daring.
Nama Smada di ambil dari singkatan nama sekolah pembuatnya, yaitu SMA Negeri 2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, sedangkan AV merupakan singkatan dari antivirus. Adapun logo Smadav merupakan simbol objek mustahil berwarna hijau yang melambangkan kesederhanaan dan kedamaian.
Dan terjawab sudah rasa penasaran saya kenapa rekening smadav semua cabang Yogyakarta. bisa dilihat daftar rekening ketika membeli smadav pro. dan pernyataan - pernyataan teman- teman bukan bohong dan isapan jempol, tapi sebuah fakta. Yeeeaaayyyy..

Cerita yang sama juga ditulis dilaman Smadav.net, dituliskan bahwa "Smadav didirikan pada tahun 2006 oleh Zainuddin Nafarin, Smadav Software (Smadsoft) adalah pengembang perangkat lunak inovatif yang berfokus pada pengembangan produk keamanan (anti virus) khusus untuk Windows.

Smadav sekarang ini (yang ada pada PC anda) fokus utamanya sebagai antivirus perlindungan tambahan (lapis kedua), berfungsi untuk melindungi / membersihkan USB Flash-disk dari virus.

Selain itu, tulis smadav.net, mereka mencoba untuk meninggalkan metode lama blacklisting methods (Saya kurang tahu ini apa, anggap saja saya gaptek), kami mengembangkan teknik kecerdasan ( intellegence technique) untuk mendeteksi malware, kami menggunakan metode behavior, heuristic, and whitelisting methods, dan juga kami masih mengembangkan antivirus next-gen kami dengan metode pembelajaran dan data mining.

Kantor kami berada di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Jalan Raden Saleh Induk 1, Palangkaraya, Indonesia. Postal Code 73111
Customer Service Call/SMS/WA : 0812 5074 4300
Email : zainuddin@nafarin.com
Saat ini kami memiliki 3 juta pengguna aktif sebagian besar dari Indonesia mengunjungi situs kami setiap bulannya. Tidak hanya dari Indonesia, 20% pengguna Smadav juga berasal dari Philipina, India, Malaysia, dan Afrika.

Nah info lagi, Smadav versi baru sudah mampu mengatasi Virus Ransomware. (Klik)


Ingin Mengenal Smadav lebih dalam lagi, silahkan follow Official Facebook Smadav.

1 comment: