Friday 19 May 2017

Belajar Imajinasi bersama Sanggar Menulis Cahaya FLP Jogja

Sore ini, kembali kubergegas menuju Perpustakaan kota Yogyakarta. Alasanya, menjadi seorang CO-Trainer alias assistant trainer untuk pelatihan menulis. Sanggar Menulis Cahaya atau lebih dikenal dengan nama SMC. Sebuah program pelatihan kepenulisan yang diselenggarakan oleh Forum Lingkar Pena Yogyakarta dan Perpustakaan kota.

Sudah kali ketiga menjadi CO-Trainer dalam pelatihan ini. peserta dari pelatihan ini adalah siswa kelas 4 – 6 SD di Yogyakarta.



Duduk menyendiri sembari mengetik kata demi kata dan melihat tingkah laku anak- anak ketika mereka berimajinasi diruangan ini. terkadang mereka tertawa dengan candaan khas seorang anak. Terkadang mereka mengganggu satu sama lain.

Ya, Imajinasi… mereka diajak berimajinasi, menceritakan segala sesuatu yang sederhana menjadi layak dibaca. Lalu darimanakah imajinasi? Ya, beberapa dari mereka bercerita tentang keseharian, keluarga, makanan, coklat, dsb. Imajinasi liar khas anak – anak SMC.

Teringat beberapa menit yang lalu, ketika sebelum dimulai kelas SMC. Sembari menunggu, mereka melakukan berbagai aktivitas, ada yang bermain rubik, membaca buku, mendengar musik, melihat Hp mereka (ntah apa yang mereka lakukan), tapi kalau anak cowok saya percaya mereka main game.hahaha

Kini ku masih terduduk, melihat tingkah mereka. Ada yang duduk bersama dan mengobrol bersama temanya. Sekedar mengobrol bahkan mencari atau mencuri ide. Zombie, mereka berimajinasi tentang zombie, OMG – apa yang akan mereka ceritakan ya? Biarkan mereka bebas berimajinasi.

Ada yang duduk dikursi, duduk dengan muka serius. Tak ingin ada yang mengganggunya. Bahkan, dia rela bangun dari kursinya untuk mencubit temannya yang ribut dan berisik, sehingga ia merasa terganggu. Kira – kira apa imajinasinya?

Sanggar Menulis Cahaya
Ada yang sambil duduk dan pandangan kedepan, badannya bersender ditiang ruangan. Ntah apa yang ada dalam pikiranya, biarkan dia berimajinasi. Lain lagi dengan seorang anak perempuan yang duduk dipojokan. Berimajinasi tentang dinosaurus. Ntah lah, biarkan imajinasi berbicara…..

Ada yang mulai menulis dengan imajinasinya tentang binatang. layaknya fable, hewan dapat berteman, berbicara layaknya manusia. Wah iya, sesuatu yang ada dalam pikiran mereka, hari ini mereka bebas ber-Imajinasi.

Ada juga yang mengimaji tentang persahabatan. Dua orang bersahabat. Minggu lalu, dia berimajinasi tentang pulau coklat. Ya suka suka dia aja mau cerita dan berimajinasi apa.

Ada yang sembari tiduran eh berbaring eh merebahkan badan, dengan tas sebagai bantalnya. Pokoknya, berbagai macam gaya dalam mencari ide dan imajinasi mereka. Mengobrol dengan teman, salah satu cara mereka mendapatkan ide…..

Tapi ada juga yang sembari jalan mencari ide… dengan berbagai alasan, meminjam rautan pensil, penghapus, pensil, pulpen, dll…. namun kemudian mereka mulai menuangkan imajinasi mereka dalam goresan tinta dalam lembaran kosong buku mereka.

Tak peduli bagaimana aktifnya mereka.. biarkan mereka ber-Imajinasi…

Saat berkonsultasi dengan trainer, keluhan keluhan diungkapkan.. “koq kurang panjang ya?”.. “ah ka,…” dengan gaya imut mereka…hahaha

Yang jelas, setor tulisan untuk dinilai oleh trainer. Saya hanya assisten.

Yogyakarta, 19 mei 2017.

1 comment:

  1. Terimakasih banyak, saya ucapkan kepada KY SALMAN atas bantuannya yg telah memberikan saya angka jitunya yaitu dan alhamdulillah berhasil,berkat bantuan KY saya sudah bisa melunasi semua hutang2 saya di BANK BRI bahkan saya juga sudah punya modal usaha sendiri sekali lagi makasih yaa KY,anda mau bukti bukan kata2 silahkan hubungi KY SALMAN 082310623559.

    Terimakasih banyak, saya ucapkan kepada KY SALMAN atas bantuannya yg telah memberikan saya angka jitunya yaitu dan alhamdulillah berhasil,berkat bantuan KY saya sudah bisa melunasi semua hutang2 saya di BANK BRI bahkan saya juga sudah punya modal usaha sendiri sekali lagi makasih yaa KY,anda mau bukti bukan kata2 silahkan hubungi KY SALMAN 082310623559.

    Terimakasih banyak, saya ucapkan kepada KY SALMAN atas bantuannya yg telah memberikan saya angka jitunya yaitu dan alhamdulillah berhasil,berkat bantuan KY saya sudah bisa melunasi semua hutang2 saya di BANK BRI bahkan saya juga sudah punya modal usaha sendiri sekali lagi makasih yaa KY,anda mau bukti bukan kata2 silahkan hubungi KY SALMAN 082310623559.

    ReplyDelete