Tuesday 24 May 2016

Festival Budaya Isen Mulang 2016

Event tahunan mengenai budaya isen mulang di Provinsi Kalimantan Tengah diselenggarakan. Ribuan peserta dari 13 kabupaten dan satu kota di Provinsi Kalimantan Tengah mengikuti berbagai perlombaan yang digelar dalam rangkaian acara Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Kalimantan Tengah 2016. 

Tak tanggung- tanggung, jumlah peserta mencapai angka ribuan. Bahkan jumlah tersebut naik dari tahun ketahun. Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata Kalimantan tengah, Yuel Tanggara mengatakan bahwa  ada kenaikan jumlah peserta ditahun ini yakni 1.767 orang, sedangkan tahun sebelumnya tercatat 1.550 perserta.  
Festival Budaya Isen Mulang

Dalam rangkaian pergelaran seni budaya berlangsung selama enam hari, mulai dari 18 hingga 23 Mei. Terdapat  19 cabang lomba, yang pertandingan yang dipusatkan di empat lokasi berbeda.
19 cabang lomba adalah karnaval budaya, pemilihan putra putri pariwisata Kalteng, lawang skepeng, meneweng menetek dan manyila kayu, jukung atau perahu hias, karungut dan sepak sawut, lomba balugu, malamang, jukung tradisional, mangaruhi, mangenta, habayan, besei kambe atau hatalawan, tari daerah pedalaman dan tari pesisir serta lomba menyipet.
Sedangkan 4 lokasi perlombangan berada di kawasan Museum Balanga, Bundaran Besar, Sungai khayan dan kawasan pameran di Jalan Temanggung Tilung.
Sementara itu, Penjabat Gubernur Kalteng, Hadi Prabowo yang membuka secara resmi acara tersebut mengajak masyarakat Kalimantan Tengah mempromosikan berbagai macam seni dan budaya masyarakat yang dimiliki, sehingga potensi yang ada di provinsi ini semakin dikenal luas.
"Diharapkan ke depan lebih baik dan lebih meriah lagi. Saya juga mengajak rakyat Kalteng menggalakkan dan mempromosikan budaya isen mulang budaya masyarakat Dayak yang ada, sehingga semakin dikenal di Indonesia terlebih di dunia," katanya seperti dikutip dalam AntaraKalteng.com.

By Choirul Fuadi

0 komentar:

Post a Comment